×

Informasi Kesehatan

JIKA KE IGD, YANG MANAKAH PASIEN GAWAT DARURAT ?

Seringkali, terdapat persepsi berbeda antara pandangan dokter jaga IGD dan pasien yang ke IGD. Hal ini yang menyebabkan sedikit ketegangan antara paramedis IGD dan keluarga pasien. Hal-hal yang menjadi persoalan konflik ini antara lain tentang lamanya pasien menunggu perawatan medis di IGD, lama menunggu hasil lab dan ronsen, lama menunggu kamar rawat. Yang paling sering adalah tentang pasien yang didahulukan dan dibiarkan lama menunggu di IGD.
Di IGD rumah sakit, terdapat penilaian triase. Triase ini memandu paramedis di IGD untuk memberikan prioritas pasien mengenai kegawatdaruratan kondisi pasien. Hal yang dinilai gawat darurat oleh paramedis sering kali tidak sama dengan penilaian kegawatdaruratan oleh pasien dan keluarga pasien.
Kondisi vital dan penyerta lain pada pasien menjadi kriteria penilaian awal triase. Sehingga dapat ditentukan pasien gawat darurat, pasien gawat tidak darurat, dan pasien tidak gawat tidak darurat (false emergency). Kesadaran pasien, tensi, suhu, laju nafas, sesak, bisa berjalan/ hanya tirah baring, dan lain lain, akan menjadi pertimbangan dokter dan paramedis dalam memberikan prioritas pelayanan (Hal-hal lain tentang triase yang lebih lengkap tidak dibahas disini) Berangkat dari hal tersebut, beragam opini terbentuk di masyarakat, kenapa pasien datang belakangan namun duluan diperiksa? apakah berbeda pelayanan pasien umum dan pasien BPJS? mengapa lama menunggu tetapi tidak diperiksa? Mengapa lama didiamkan tetapi belum boleh pulang?
Dalam melakukan pelayanan, dokter dan paramedis melaksanakan prosedur medis yang mendahulukan pasien yang mengancam nyawa terlebih dahulu, bukan membeda-bedakan dari cara pasien membayar pelayanan rumah sakit. Sedangkan dari sisi pasien, mereka dalam kondisi sakit dan ingin berobat menginginkan penanganan bagus dan cepat. Semoga ke depan, masyarakat dan tenaga kesehatan dapat saling memahami.

Mari bersama-sama saling memahami.

2 thoughts on “Informasi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *